5 Hal yang Dilakukan Jika Mengalami Flek Kehamilan

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Sebagian besar ibu hamil mengalami flek sebagai pertanda pelekatan bakal janin ke rahim. Yang demikian normalnya hanya terjadi selama 1-2 hari. Saya sendiri memiliki cerita yang sedikit berbeda. Saya mengalami flek kehamilan yang muncul setiap hari selama satu bulan pada trimester pertama. Apa yang saya lakukan selama terjadi flek kehamilan ini?



Cerita tentang flek yang terjadi selama satu bulan ini dimulai saat hari ke 16 setelah telat atau dalam hitungan kalender memasuki minggu ke-7 kehamilan. Flek ini berhenti dengan sendirinya pada minggu ke-11. Flek yang terakhir keluar jumlahnya lebih dari biasanya dan sedikit tembus hingga celana luar (jika tidak memakai pembalut).

Perlu diketahui flek kehamilan yang keluar berwarna kecoklatan dan hanya sedikit seperti menstruasi pada hari terakhir, bukan berwarna merah terang. Jika flek yang bunda alami berwarna merah terang seperti darah segar dan jumlahnya banyak, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter/bidan.

Kata dokter, flek kehamilan yang saya alami tidak mengkhawatirkan. Buktinya anak laki-laki saya lahir dengan selamat. Padahal saat itu saya sangat khawatir dengan kandungan saya. Berikut adalah 5 hal yang saya lakukan saat mengalami flek kehamilan sehingga dapat meredam sedikit kekhawatiran.

1. Berdoa


Tak bisa dipungkiri, pertolongan Yang Maha Kuasa adalah segalanya. Untuk dapat hamil saja manusia hanya bisa berusaha dan hasilnya mutlak ditentukan oleh Nya. Bunda bisa meminta agar Bunda dan janin senantiasa diberi kesehatan dan flek yang terjadi ini hanya ujian kecil pada kehamilan Bunda.

2. Bedrest


Flek kehamilan bisa saja terjadi karena Bunda terlalu kelelahan. Dokter mewajibkan saya untuk bedrest total. Saya bangun dari tempat tidur hanya untuk ke kamar mandi dan beribadah. Selebihnya semua saya lakukan di tempat tidur sambil berbaring. Saya tahu ini merepotkan Bunda maupun orang di sekitar Bunda, tapi demi si Kecil dalam kandungan ini terpaksa harus dilakukan.

3. Sugesti Positif


Pikiran yang positif juga dapat membantu meredakan kekhawatiran Bunda. Saat mengalami flek, hal yang harus bunda lakukan adalah berusaha tenang. Flek merupakan salah satu tanda kehamilan, yakni akibat melekatnya embrio ke dinding rahim. Flek ini bisa terjadi 1-2 hari.

Baca juga pos tentang tanda tanda kehamilan yang terasa sebelum melakukan test, Bun.

Komunikasikan dengan suami dan segera lakukan USG jika flek terjadi berkelanjutan, karena tidak semua flek berujung keguguran. Contohnya adalah hal yang saya alami. Bunda harus rileks agar tidak stress dan justru malah mempengaruhi kandungan Bunda.

4. Makan Makanan Bergizi


Jika Bunda mengalami penurunan nafsu makan, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Bunda yang mengalami penurunan nafsu makan perlu melakukan usaha yang lebih demi si Kecil. Makanan bergizi berguna untuk menambah kekuatan Bunda dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

5. Periksa ke Dokter


Opsi memeriksakan diri ke dokter bisa dilakukan jika flek terjadi melebihi normalnya 1-2 hari. Melalui USG akan diketahui kondisi di dalam rahim. Pada kasus saya dulu, setelah seminggu mengalami flek, saya melakukan USG. Dari hasil USG diketahui bahwa baru terdapat kantong dan janin belum terlihat. Kantong bulat penuh pertanda bahwa masih dalam keadaan baik. Dokter memberikan resep obat penguat kandungan utrogestan dan vitamin.

Sebulan kemudian saya kembali melakukan USG dan telah terlihat janin dalam kondisi sehat. Jika bunda mengalami flek dan dokter telah meresepkan obat, sebaiknya obat tersebut diminum sesuai anjuran. Obat tersebut memang rasanya pahit dan mungkin Bunda juga sedang tidak berselera makan, tapi Bunda jangan malas minum obat demi kehamilan.

Itulah tadi 5 hal yang dapat Bunda lakukan jika mengalami flek kehamilan yang berkepanjangan. Semoga tulisan saya dapat menguatkan dan mengurangi kekhawatiran Bunda jika mengalami hal yang sama. Ingat, Bunda, pikiran Bunda yang tenang berpengaruh langsung pada kondisi kehamilan.

Baca juga: apa saja persiapan di tahap awal kehamilan?

Salam,

Logo Lively Mom

 

 

5 Hal yang Dilakukan jika Mengalami Flek Kehamilan

Comments