5 Keluhan saat Trimester Pertama yang Pernah Saya Alami

Halo, Bunda! Selamat datang di Livelymom.com!
Untuk Bunda-bunda yang habis mendapatkan garis dua pasti penasaran apa saja yang mungkin akan terjadi saat trimester pertama, atau mungkin Bunda juga sedang mengalami dan sedang mencari tahu apakah ada orang lain yang mengalami masalah seperti Bunda. Berikut adalah pengalaman saya mengenai 5 keluhan saat trimester pertama.



Trimester pertama adalah masa-masa penuh perjuangan dimana setiap hari ada saja keluhan yang dirasakan.

1. Flek


Pengalaman para ibu mengenai flek ini sangat bervariasi, ada yang tidak mengalami, mengalami beberapa hari, seminggu, hingga satu bulan! Umumnya flek yang normal terjadi adalah 1-2 hari saja pertanda pelekatan embrio ke dinding rahim.

Tapi saya justru mengalami flek yang terjadi hingga satu bulan! Ketika pertama mendapatkan flek, saya langsung girang karena dari tulisan yang saya baca itu merupakan pertanda melekatnya embrio.

Dua hari setelah mendapatkan flek itu saya dan suami pulang ke Solo. Ternyata flek masih berlanjut hingga saya kembali dari Solo! Okelah, mungkin ini karena saya agak kelelahan. Tapi setelah itu flek kembali berlanjut dan masih keluar hingga satu minggu kemudian! Ada apa ini?

Saya dan suami memutuskan untuk periksa ke dokter. Saat diUSG telah terlihat kantong tetapi belum ada janin. Sebagai ibu yang baru pertama kali hamil hal ini sangat membebani pikiran saya, apalagi disertai flek yang terus menerus. Tapi ternyata itu adalah hal yang wajar, Bunda sebaiknya menunggu minimal 2 minggu lagi untuk periksa apakah kantong tersebut akan terisi janin atau tidak.

Mengenai flek, saya tidak sempat bertanya pada dokter mengenai penyebabnya. Tapi saat pertama periksa, dokter memberikan obat penguat kandungan utrogestan. Flek yang saya alami warnanya bukan merah segar, melainkan kecoklatan dan hanya sedikit. Seperti saat hari-hari akhir menstruasi.

Rupanya flek tersebut tidak menjadi ancaman serius pada kehamilan saya. Berbeda jika flek yang keluar adalah merah segar dan sampai membasahi celana, yang demikian sangat diharuskan untuk segera menghubungi dokter/bidan.

Baca juga pos tentang 5 hal yang dilakukan jika mengalami flek kehamilan

2. Pening


Pening adalah hal yang selalu saya rasakan jika bangun tiba-tiba dari posisi tidur dan duduk serta saat kekurangan makanan. Pening yang saya rasakan disebabkan oleh tekanan darah yang tergolong rendah. Tekanan darah rendah yang terjadi pada trimester pertama wajar terjadi karena banyak pembuluh darah yang melebar.

Hal ini diperparah karena saya memiliki bakat darah rendah. Walaupun tekanan darah terendah yang pernah saya alami selama hamil adalah 90/60 tapi angka sekian telah cukup membuat saya kewalahan.

3. Mulai sering pipis


Ya, ini akan Bunda alami seiring rahim yang semakin berkembang menekan kandung kemih. Merepotkan memang. Apalagi saat pertama kali mengalaminya saya berkali-kali ganti celana dalam karena basah.

Untuk itu, Bunda bisa menyediakan satu handuk kecil yang khusus digunakan untuk mengeringkan air setelah cebok buang air kecil, dengan catatan handuk ini harus dijaga kebersihannya.

4. Badan meriang seperti masuk angin


Tiada hari tanpa badan yang berasa meriang masuk angin. Selain pening, meriang ini juga membuat badan susah untuk bangun.

Jika merasakan meriang saat trimester pertama. Sebenarnya Bunda tidak benar-benar masuk angin kok. Bunda tidak perlu minum obat masuk angin. Apalagi ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Tidak semua obat bisa dikonsumsi ibu hamil.

Jika tidak boleh meminum obat, apa yang bisa Bunda lakukan? Untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena meriang saat trimester pertama, saya sering mengkonsumsi jahe hangat. Selain itu, saya juga banyak mengkonsumsi air putih. Mandi air hangat juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat meriang. Sehabis mandi pastikan baju yang Bunda kenakan tidak membuat gerah dan tidak menyebabkan Bunda kedinginan.

5. Muntah


Untuk keluhan yang satu ini, saya tidak setiap hari mengalaminya. Hal-hal yang menjadi pemicu antara lain karena makan roti dan mie. Ada yang lucu ketika saya sedang dalam masa ngidam yaitu sangat anti dengan pisang. Padahal sebelum hamil sangat lahap makan pisang. Saat ngidam jangankan makan, melihat bentuk pisang saja saya sudah kelimpungan. Setelah melahirkan, perasaan tidak suka ini akan menghilang dengan sendirinya kok Bunda.

Tentu kita semua mengharapkan trimester pertama yang bebas keluhan, namun yang terpenting adalah kondisi bunda dan janin yang selalu sehat. Hal-hal tersebut adalah pengalaman saya mengenai 5 keluhan saat trimester pertama. Bagaimana dengan Bunda? Keluhan apa yang Bunda rasakan saat trimester pertama? Share pengalaman Bunda pada kolom komentar, ya!

Salam,

Logo Lively Mom

 

 

5 Keluhan saat Trimester Pertama yang Pernah Saya Alami

Comments