Apa Saja Persiapan di Tahap Awal Kehamilan?

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Kehamilan mungkin adalah hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh Bunda. Mungkin beberapa Bunda ada yang kebingungan mengenai persiapan di tahap awal kehamilan. Sebenarnya, apa saja yang perlu dilakukan?



Bunda-bunda yang baru saja mendapat garis dua pasti sangat bahagia. Hal yang sudah didamba-dambakan akhirnya terwujud. Namun, tidak sedikit bunda yang kebingungan mengenai apa yang dilakukan setelahnya. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan saat persiapan di tahap awal kehamilan.

Bersyukur dan Berdoa


Ya, yang pertama Bunda lakukan adalah mensyukuri apa yang telah bunda dapatkan. Tidak semua wanita dapat merasakan nikmatnya menjadi seorang ibu. Ini membuat kita semakin bersyukur karena kita dipercaya untuk membesarkan malaikat kecil anugerah dari Tuhan.

Selain bersyukur tentunya kita juga harus berdoa supaya perjalanan kehamilan kita dapat selesai tanpa halangan yang sulit.

Minum Vitamin maupun Susu Hamil


Banyak artikel yang saya baca menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin maupun susu saat merencanakan kehamilan. Tetapi banyak Bunda yang baru mengetahui hal ini setelah hamil. Vitamin terutama vitamin B9 atau asam folat sangat bermanfaat untuk persiapan kehamilan dan awal kehamilan untuk mengurangi resiko spina bifida atau cacat tabung saraf pada janin.

Selain itu menurut bidan saya, perkembangan bayi yang mendapatkan nutrisi cukup akan berbeda dengan bayi yang kurang nutrisi. Jika pada awal kehamilan Bunda tidak nafsu makan, ada baiknya diimbangi dengan mengkonsumsi vitamin maupun susu.

Baca Juga: Turun Berat Badan Saat Hamil Trimester Pertama, Apakah ini Normal?

Periksa ke Dokter


Setelah Bunda mengetahui bahwa Bunda sedang hamil, saat di-USG kadang janin belum terlihat. Sebagian Bunda ada yang memilih untuk menunda periksa ke dokter karena hal ini. Tapi tidak ada salahnya melihat kondisi di dalam rahim Bunda.

USG saat awal kehamilan dapat digunakan untuk mengetahui apakah kehamilan Bunda normal atau tidak. Kehamilan yang tidak normal misalnya hamil anggur, blighted ovum, kehamilan ektopik, dll. Jika sesaat setelah testpack positif Bunda melakukan USG dan baru terbentuk kantong janin, belum tentu kehamilan Bunda blighted ovum. Biasanya setelah dua bulan janin akan mulai terlihat.

Selain itu tanggal perkiraan lahir pada USG yang pertama kali merupakan tanggal yang paling mendekati hari persalinan dibandingkan dengan tanggal pada USG pada bulan-bulan selanjutnya. Ini dapat digunakan jika Bunda lupa kapan hari terakhir menstruasi dan jika tanggal perkiraan lahir pada bulan-bulan selanjutnya selalu berubah-ubah.

Perbaiki Gaya Hidup


Gaya hidup merupakan hal yang harus diperhatikan setelah Bunda positif hamil. Jika sebelum hamil Bunda merokok maupun mengkonsumsi minuman keras sebaiknya langsung dihentikan. Begitu juga dengan Bunda yang sering terpapar asap rokok maupun zat-zat yang beresiko mengganggu kehamilan.

Jika sebelumnya Bunda enggan mengkonsumsi sayur dan buah ada baiknya Bunda mulai sering mengkonsumsinya. Begitu pun dengan Bunda yang jarang minum air. Saat hamil Bunda akan membutuhkan lebih banyak air. Oleh karena itu Bunda harus lebih sering minum agar tidak dehidrasi.

Itulah persiapan di tahap awal kehamilan yang dapat Bunda lakukan setelah positif hamil. Apa yang Bunda lakukan saat mengetahui Bunda tengah hamil? Bagikan pengalaman Bunda di kolom komentar, ya!

Salam,
Logo Lively Mom

 

Apa Saja Persiapan di Tahap Awal Kehamilan?

Comments