Tanda tanda Kehamilan yang Terasa Sebelum Melakukan Tes

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Bunda-bunda yang sedang menunggu kedatangan si buah hati dalam kandungan pasti sering bertanya-tanya apa saja sih tanda tanda kehamilan yang mungkin dirasakan.



Sebelum memakai testpack, sebenarnya saya telah mengalami tanda tanda kehamilan. Namun pada saat itu saya tidak mengetahui jika hal-hal tersebut adalah tanda kehamilan. Setelah mencari informasi mengenai tanda tanda kehamilan barulah saya menyadarinya.

Dari sekian banyak artikel yang telah saya baca, intinya satu: tanda tanda kehamilan yang dialami setiap bunda berbeda-beda! Bahkan bisa juga hal-hal yang dirasakan justru menjadi pertanda datang bulan. Berikut adalah tanda tanda kehamilan yang saya rasakan di kehamilan pertama saya yang tak terduga-duga:

1. Kram dari Perut Hingga Kaki


Hal pertama yang saya rasakan adalah kram perut seperti akan datang bulan. Tetapi kram ini tidak sesakit kram menstruasi. Selain di perut, kram juga menjalar sampai ke paha hingga kaki lemas untuk digerakkan.

2. Payudara Terasa Kencang


Payudara yang terasa kencang mungkin saja menjadi tanda tanda akan menstruasi. Tapi bedanya saat itu saya merasakan kencang ini secara berkepanjangan. Berbeda dengan saat akan menstruasi yang hanya berlangsubg sebentar. Tidak hanya kencang, payudara juga terasa lebih berat, berisi, dan nyeri jika disentuh. Bahkan sentuhan ringan pun akan menyebabkan rasa nyeri.

3. Gampang Capek dan Lemas


Sebelum hamil saya memang sudah gampang capek, mungkin karena kurang bergerak. Tetapi setelah hamil saya merasa lebih capek dari biasanya. Turun tangga sebentar saja sudah membuat ngos-ngosan. Bahkan menyapu terasa sangat melelahkan. Badan ini rasanya hanya ingin berbaring sepanjang hari.

4. Nyeri Punggung


Rasa ingin berbaring sepanjang hari diperparah dengan nyeri pada punggung bawah. Punggung rasanya selalu minta dibaringkan. Jika badan tidur tengkurap perut rasanya seperti terganjal. Mungkin insting mengatakan bahwa di perut telah terdapat bakal janin.

5. Suhu Badan Menghangat


Seiring dengan perasaan mudah lelah, saya juga merasa suhu badan menghangat. Ini dapat disalahartikan bahwa Bunda sedang masuk angin. Suhu badan hanya menghangat tidak sampai terasa panas. Sayang sekali saat itu saya tidak mengukur suhu badan dengan termometer.

6. Flek


Flek merupakan salah satu tanda kehamilan. Flek kehamilan terjadi akibat menempelnya bakal janin ke dinding rahim sehingga menyebabkan pendarahan kecil yang keluar sebagai flek. Namun tidak semua Bunda mengalami flek. Perlu diingat Bunda, flek kehamilan normalnya terjadi 1-2 hari dan hanya sedikit darah yang keluar. Jika flek terjadi lebih lama dan jumlahnya tidak sedikit, segera hubungi dokter/bidan.

Baca pos selengkapnya tentang Flek: 5 Hal yang Dilakukan jika Mengalami Flek Kehamilan

7. Telat Datang Bulan


Salah satu tanda kehamilan yang benar-benar membuat saya yakin adalah telatnya kedatangan tamu bulanan ini. Biasanya datang bulan saya teratur namun siklusnya selama 32 hari, bukan 28 hari. Saat tanggalnya telah tiba, menstruasi tidak kunjung datang. Inilah yang membuat saya ingin melakukan tes apakah saya benar-benar hamil.

Namun setelah telat 5 hari hasil tes masih negatif dan saya memilih melanjutkan menunggu kedatangan tamu bulanan ini. Setelah ditunggu 2 minggu tamu tak kunjung datang juga, kemudian saya memilih melakukan tes lagi dan ternyata hasilnya positif.

Cerita mengenai tes kehamilan ini dapat dibaca di post Dilema Awal Kehamilan: Telat mens tapi kok masih negatif?

Itulah tanda-tanda kehamilan yang saya rasakan bahkan sebelum melakukan tes di kehamilan pertama saya. Apakah Bunda juga mengalami hal-hal di atas? Share di kolom komentar, ya!

Salam,

Logo Lively Mom

 

 

Tanda tanda Kehamilan yang Terasa Sebelum Melakukan Tes

Comments