5 Pertanyaan Penting saat Pertama USG yang Wajib Bunda Ketahui

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Memeriksakan kehamilan untuk pertama kalinya adalah momen yang paling ditunggu oleh Bunda yang sedang mengandung. Bunda dapat mengetahui kondisi si Kecil yang baru saja berkembang. Tapi jangan lupa bun, ada pertanyaan yang mesti Bunda tanyakan ke dokter Bunda. Apa saja pertanyaan penting saat pertama USG?



Kecanggihan teknologi yang berupa perangkat USG memungkinkan dokter untuk mengetahui kondisi di dalam rahim. Bunda pun bahagia dapat melihat si Kecil. Walaupun secara tidak langsung dan masih belum terlihat jelas. Bunda-bunda yang terlalu bahagia kadang tidak sempat menanyakan pertanyaan saat pertama kali memeriksakan kandungan.

Dokter pun memiliki kriteria masing-masing. Ada yang komunikatif ada yang harus ditanyai terlebih dahulu. Banyak Bunda yang belum memiliki pengalaman jadi bingung kira-kira apa saja yang bisa ditanyakan pada dokter obstetri dan ginekologi-nya. Berikut adalah pertanyaan penting yang bisa ditanyakan saat USG kehamilan untuk pertama kalinya.

1 Apa screening yang perlu dilakukan?


Screening yang kira-kira diperlukan untuk mengetahui kondisi tubuh Bunda.

2 Apa kehamilan saya normal?


Kehamilan normal jika embrio berada di dalam rahim, kehamilan dikatakan yang tidak normal jika embrio berada di luar rahim.

3 Apakah janin sudah terlihat?


Mengetahui apakah sudah terbentuk janin. Jika sudah Bunda dapat menanyakan apakah janin sudah memiliki detak jantung dan berapa panjangnya. Apakah sudah sesuai dengan usia kehamilan?

Untuk kehamilan yang masih benar-benar muda (di bawah 8 minggu) ada Bunda yang janinnya belum terlihat dan masih berbentuk kantong. Hal ini tergolong normal.

Jangan khawatir mengenai kehamilan kosong / blighted ovum Bunda. Jalan satu-satunya adalah bersabar dan melakukan USG beberapa minggu kemudian. Jangan lupa rileks dan konsumsi nutrisi yang cukup. Sugesti bahwa bunda sedang mengandung janin yang sehat.

4 Kira-kira kapan HPL?


Mengetahui taksiran kapan hari perkiraan lahir berdasarkan ukuran embrio. Jika Bunda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan lupa kapan terakhir kali menstruasi, HPL pada USG yang pertama kali biasanya paling mendekati HPL yang sebenarnya.

5 Apakah saya boleh meminta kontak dokter untuk pertanyaan dan kondisi darurat?


Meminta kontak dokter dan menghubungi beliau jika ada pertanyaan maupun terjadi kondisi darurat.

Selain 5 pertanyaan tersebut, berikut adalah pertanyaan tambahan yang kira-kira bisa Bunda tanyakan.

  • Apakah saya boleh memakai kosmetik?

  • Apakah saya boleh bepergian?

  • Apa olahraga yang bisa dilakukan?

  • Apakah saya masih boleh berhubungan dengan suami?

  • Apa saja makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi?

Nah Bunda, itu tadi adalah beberapa pertanyaan penting saat pertama USG yang bisa bunda tanyakan. Apakah Bunda ingin menambahkan pertanyaan di list saya? Share di kolom komentar ya Bunda!

Baca Juga: Tanda tanda Kehamilan yang Terasa Sebelum Melakukan Tes

Salam,


5 Pertanyaan Penting saat Pertama USG yang Wajib Bunda Ketahui

Comments