HPL di USG Berbeda dengan Kalender HPL Mencapai Satu Bulan

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Dengan kemajuan teknologi yang ada, sekarang Hari Perkiraan Lahir (HPL) dapat dilihat dari hasil USG. Namun bagaimana jika HPL di USG berbeda dengan kalender HPL? Saya sendiri mengalami selisih hingga hampir satu bulan! Simak cerita selengkapnya.



Seperti yang telah kita ketahui, kehamilan adalah masa-masa tak terlupakan yang berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan. Tidak selalu tepat memang, tapi hari kelahiran dapat maju maupun mundur 2 minggu dari Hari Perkiraan Lahir (HPL).

HPL ini dapat dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) pada kalender maupun dari hasil USG. Namun hasil perhitungan kalender tidak selalu sama dengan hasil perkiraan dari USG. Selisihnya pun bervariasi dan ada yang bahkan bisa sampai 1 bulan seperti yang saya alami.

Dapat dibayangkan betapa bingungnya saya menentukan HPL. Apakah harus mengikuti kalender atau USG. Karena HPL di USG berbeda dengan kalender HPL yang dihitung dari HPHT.

Trimester Pertama


Saya ingat betul HPHT tanggal 2 Juni 2017 karena saya selalu memonitor lewat aplikasi smartphone. Berdasarkan kalender HPL, Hari Perkiraan Lahir anak saya tanggal 9 Maret 2018.

Saat UK (Usia Kehamilan) kalender 7 minggu, saya melakukan USG. Hasil USG hanya terlihat kantong dan janin belum terlihat. Dari USG tersebut diketahui HPL tanggal 14 Maret, selisih 5 hari dari kalender. Saya pikir ini masih wajar.

USG kedua dilakukan satu bulan berikutnya saat UK kalender 11 minggu. Dari hasil USG sudah terlihat janin tetapi UK mundur menjadi tanggal 19 Maret 2018. Janin juga terlihat lebih kecil tapi menurut dokter hal itu masih dalam batas normal.

Trimester Kedua


Pada trimester kedua saat UK 16 minggu, saya melakukan tes USG lagi. Kali ini HPL hasil USG sama dengan yang sebelumnya, yaitu tanggal 19 Maret 2018. Ini berarti selisih UK di kalender dan di USG adalah 10 hari.

Begitu juga saat usia kehamilan di bulan ke 5 (UK 21 minggu), antara hasil USG dan kalender terdapat selisih 11 hari. HPL hasil dari USG menjadi semakin mundur.

Bulan ke-enam saya tidak melakukan USG. Selain karena semua kondisi pemeriksaan sebelumnya normal, saat itu saya juga tidak mengalami keluhan sehingga tidak melakukan pemeriksaan.

Trimester Ketiga


Memasuki trimester ketiga, saya melakukan USG kembali pada UK 29 minggu. Dari USG tersebut diketahui bahwa HPL semakin mundur menjadi tanggal 27 Maret 2018 dan berat janin 800 gram.

Untuk ukuran UK 29 minggu berat badan janin 800 gram tergolong kecil. Mungkin HPL yang mundur ini diakibatkan karena ukuran janin yang kecil. Perangkat USG menganggap ukuran janin masih berukuran kecil sehingga HPL masih lama.

Saat 8 bulan kehamilan saya tidak melakukan USG karena semua kondisi normal. Saya berencana melakukan USG di saat memasuki 9 bulan untuk mengetahui kondisi di dalam rahim dan untuk mempersiapkan kelahiran.

Tepat tanggal 10 Februari 2018 atau UK 36 minggu, hasil USG menunjukkan HPL 5 April 2018. Mundur hampir 1 bulan! Berat badan janin juga hanya 1,6kg. Padahal selama ini nafsu makan saya lahap ditambah konsumsi susu dan vitamin.

Setelah itu, dokter menyarankan untuk kembali lagi setiap dua minggu untuk memantau kondisi janin. Dokter juga menyarankan untuk menambah konsumsi makanan kaya karbohidrat dan protein karena ukuran janin tergolong kecil.

Karena tepat pada kalender HPL yaitu 9 Maret 2018 belum ada tanda-tanda kelahiran, esoknya tanggal 10 Maret saya memeriksakan kandungan. Akhirnya diambillah keputusan bahwa dokter akan menginisiasi pembukaan mulut rahim.

Sorenya saya mengalami kontraksi dan si Jagoan lahir pada hari berikutnya dengan berat 2,7kg dan panjang 47cm. Memang tergolong kecil dan mungkin ini yang menyebabkan HPL dari USG mundur karena menyesuaikan ukuran janin.

Bunda, itulah tadi cerita saya mengenai HPL di USG berbeda dengan kalender yang selisihnya hampir satu bulan. Bunda-bunda yang sedang mengalami hal ini tentu kebingungan untuk menentukan mana HPL yang sebenarnya. Apakah Bunda juga mengalami hal serupa? Share di kolom komentar ya, Bunda!

Baca juga: Perkembangan Berat Badan selama Hamil - Pengalaman Pribadi

Salam,

Logo Lively Mom

 

 

HPL di USG Berbeda dengan Kalender Mencapai 1 Bulan

Comments

  1. Somebody necessarily assist to make critically posts I would
    state. That is the very first time I frequented your web page and up to now?

    I surprised with the research you made to make this particular submit incredible.
    Great task!

    interosculating, Lavern,

    ReplyDelete
  2. Saya juga mengalami sperti itu , skrg Hpl saya d kalender 3maret 2019 tp pas saya usg pda usia 26weeks HpL saya mundur jd 8maret bagi saya itu wajar
    Tp kmrn krna usia kandungan saya sudah memasuki 38weeks saya melakukan lg usg dan ternyata hasil usg menunjukan kalo Hpl saya malah jd mundur jd 29maret dan berat bayi sudah 2,5 . Bagaimana menurut bunda?
    Makasih

    ReplyDelete
  3. Hi bunda Anggia, saya memahami apa yang bunda rasakan. Tetap tenang, itu yang utama. Bayi tau kapan saat yang tepat ia dilahirkan. Tunggu sampai tanggal 3 Maret, jika kontraksi belum datang tunggu lagi hingga dua minggu kemudian. Jika saat menunggu kontraksi bunda merasa gelisah, bunda bisa memeriksakan diri ke dokter dan ikuti petunjuk dokter. Semoga membantu.

    Salam

    ReplyDelete

Post a Comment