Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Melahirkan

Halo, Bunda! Selamat datang di livelymom.com! Melahirkan adalah saat yang sangat ditunggu oleh ibu hamil. Sayangnya, kadang momen ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Jangan sampai ada barang yang tertinggal! Berikut adalah daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan.



Ketika kontraksi sudah tidak tertahankan, Bunda harus siap pergi ke rumah sakit. Kapanpun itu. Oleh karena itu saya menyarankan barang-barang ini harus sudah disiapkan saat kandungan Bunda berusia 28 minggu. Hal ini dilakukan untuk persiapan jikalau terjadi hal yang darurat.

Bunda pasti menginginkan kelahiran yang lancar. Sebanyak apapun perlengkapan yang disiapkan untuk dibawa ke rumah sakit pasti Bunda selalu merasa ada yang kurang. Agar tidak terlalu banyak barang yang dibawa dan malah tidak digunakan, berikut saya siapkan daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan.

Untuk Bunda


Baju kancing depan 3 potong, baju kancing depan dipilih agar memudahkan Bunda saat mulai menyusui. Jangan lupa pilih baju yang longgar. Siapkan jumlah baju untuk dua hari ± 3 potong baju.

Rok/kain jarik 3 potong, ini tergantung kenyamanan masing-masing Bunda. Jika ingin membatasi gerak agar kaki selalu rapat saya sarankan menggunakan jarik. Siapkan jumlah untuk dua hari ± 3 potong rok.

Stagen/korset 1 buah, barang penting yang wajib dibawa agar perut tidak melebar setelah melahirkan. Setelah melahirkan perut memang masih terlihat besar. Hal ini dikarenakan ukuran uterus yang belum kembali seperti semula. Jumlahnya cukup satu saja.

Bra 3 potong, saya sarankan bra menyusui. Untuk memudahkan akses karena Bunda akan sering menyusui. Siapkan jumlah untuk dua hari ± 3 potong.

Celana dalam 10 potong, siapkan jumlah lebih untuk berjaga-jaga jika darah nifas merembes.

Pembalut maternity 1 pack, biasanya tempat bersalin akan memberikan beberapa buah. Untuk berjaga-jaga Bunda sebaiknya membawa sendiri. Pembalut ini ruang tampungnya lebih besar daripada pembalut menstruasi.

Sesaat setelah melahirkan darah nifas yang keluar memang lebih banyak. Selama dua hari pasca melahirkan saya sarankan untuk ganti pembalut setelah buang air. Repot memang. Terutama untuk Bunda yang melahirkan secara normal. Tetapi hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan jahitan agar segera pulih. Jangan khawatir Bunda, setelah tiga hari darah yang keluar akan berangsur-angsur berkurang.

Breast pad 1 pack, breast pad digunakan untuk menyerap air susu yang merembes agar tidak membasahi pakaian. Cara pemakaiannya cukup letakkan di area puting. Jenisnya ada dua yaitu disposable dan bisa dicuci. Bunda dapat memilih menggunakan yang mana.

Toiletries (sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk), keperluan mandi Bunda.

Jilbab instan (opsional), bagi Bunda yang berjilbab saya sarankan untuk menggunakan jilbab instan agar aman dan nyaman.

Untuk Bayi


Saat saya di rumah sakit, bayi dirawat di ruang khusus dan dipinjami baju dari rumah sakit. Bunda dapat menanyakan hal ini pada rumah sakit saat periksa kehamilan. Karena perlakuan setiap rumah sakit mungkin berbeda.

  1. Baju

  2. Bedong

  3. P‌opok kain/diaper

  4. Kaos tangan-kaos kaki

  5. Topi

  6. Selimut bayi


Untuk Ayah


Perlengkapan yang harus dibawa untuk ayah bisa lebih fleksibel. Apalagi jika ada yang mengganti menunggu Bunda saat dirawat. Berikut saya list untuk satu hari saja. Surat-surat digunakan untuk mengurus surat kelahiran dari rumah sakit.

  1. Baju 2 potong

  2. Celana 2 potong

  3. Celana dalam 3 potong

  4. Jaket, karena di dalam ruang bersalin suhunya dingin

  5. Kartu periksa kehamilan

  6. Buku pink KIA

  7. Kartu BPJS (jika punya)

  8. Fotocopy kartu BPJS 5 lembar

  9. KTP ayah-bunda

  10. Fotocopy KTP ayah-bunda 5 lembar

  11. Fotocopy KK 5 lembar

  12. Fotocopy akte kelahiran ayah-bunda 5 lembar

  13. Fotocopy buku nikah 5 lembar

  14. Toiletries, bisa jadi satu dengan Bunda, kecuali sikat gigi dan handuk.

  15. Snack untuk Bunda, saya sarankan snack yang dapat menambah energi secara cepat seperti madu, coklat, dan kurma jika bunda sudah tidak mau makanan berat.

  16. Tisu kering dan tisu basah


Nah itu tadi daftar perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan. Tentunya kebutuhan Bunda bisa berbeda-beda dan tergantung tempat melahirkan juga. Ada barang yang saya lewatkan, Bunda? Tulis di kolom komentar, ya!

Salam,

Logo Lively Mom

 

 

Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Melahirkan

 

 

Comments